Kulit Bentol Bila Udara Dingin.

    Ada seorang pria yang mengeluh kulitnya sering bentol-bentol dan kemerahan akhir-akhir ini, terutama bila udara lagi dingin atau agak lembab, juga bila sedang bepergian ke daerah yang bersuhu dingin. Bila bentol2 itu datang, kulit terasa sangat gatal dan agak sedikit terasa tebal. Dari gejala yang dikeluhkan tersebut besar kemungkinan saudara ini terkena alergi terhadap udara dingin. Atau sering disebut Biduran ( Urticaria ).
    Sebetulnya pemicu biduran ini tidak hanya udara dingin saja, ada beberapa keadaan yang bisa memicunya antara lain keringat yang keluar setelah berolahraga, paparan sinar matahari, tekanan benda tertentu, contohnya sehabis bersandar pada benda tertentu atau tergores benda tertentu.
    Keluhan ini terjadi karena pelebaran pembuluh darah tepi, dan pelebaran ini yang memicu terjadinya pembengkakan pada jaringan kulit, biduran ini bisa mengenai bagian tertentu hingga seluruh tubuh, lamanya berkisar antara 30-60 menit dan setelah itu hilang dengan sendirinya. Tetapi bila terkena pemicunya, bentol ini bisa timbul lagi.



    Untuk mengurangi gejala ini, dapat dengan menggunakan baju yang agak tebal bila berada diruangan dingin atau udara dingin. Untuk mengurangi keluhan gatalnya dapat dengan mengunakan obat penghilang rasa gatal (biasanya gol Anti Histamine contohnya yang terkenal adalah CTM/chlorpheniramine maleat,dsb). Apabila keluhan ini sering timbul, perlu sekali untuk mencari penyebab atau pemicu biduran tersebut dan setelah diketahui hindarilah pemicu tersebut.
    Source URL: http://indahrahmadewi.blogspot.com/2010/09/kulit-bentol-bila-udara-dingin.html
    Visit Indah Rahma Dewi for Daily Updated Hairstyles Collection

Blog Archive