Bau Mulut Sangat Mengganggu.

    Ada seorang gadis yang bekerja sebagai sekretaris mengeluh dari mulutnya sering mengeluarkan bau yang tidak sedap. Padahal sudah berbagai macam cara dilakukan oleh si gadis ini untuk menghilangkan bau mulut tadi, seperti sikat gigi berkali-kali, berkumur dengan obat kumur berkali-kali, mengisap permen penyegar pernafasan, tetapi tetap saja mulutnya berbau. Sampai bila bertemu dengan atasannya jadi tidak enak bicaranya.

    Banyak sekali orang yang mengalami keluhan ini, yaitu bau mulut tidak sedap atau Halitosis, bau mulut ini biasanya disebabkan adanya gangguan didalam rongga mulut, rongga hidung atau didalam tenggorokan. Bila gangguan tersebut tidak dihilangkan tentunya bau mulut yang timbul tadi tidak akan bisa hilang sendiri.



    Gangguan yang sering terjadi didalam rongga mulut adalah Karang gigi ( Calculus ), meskipun sudah disikat berkali-kali karang gigi ini susah hilangnya, selain dicongkel dengan alat khusus oleh dokter gigi:). Karang gigi ini dapat mengakibatkan gangguan gigi dan gangguan gusi dan seringkali memancarkan bau yang tidak sedap. Gangguan lain yang sering terjadi pada rongga mulut adalah sariawan atau Stomatitis dan gigi berlubang( Caries Gigi ).

    Gangguan pada rongga hidung yang sering terjadi adalah hidung tersumbat karena pilek menahun atau Polip. Biasanya gejala yang sering timbul adalah bersin-bersin dan mulut mengeluarkan bau yang tidak sedap. Sedangkan pada rongga tenggorokan yang paling sering terjadi adalah Radang amandel atau amandel yang terinfeksi sehingga mengeluarkan bau busuk.

    Penyebab lainnya yang berasal dari pencernaan adalah buang air tidak teratur atau adanya penyakit di lambung juga bisa menyebabkan keluarnya bau mulut yang tidak sedap.

    Jadi kira-kira mana penyebabnya diantara sekian banyak penyebab. Tentunya harus memeriksakan diri ke dokter. Setelah diketahui penyebabnya dan diatasi tentunya bau mulut akan hilang dengan sendirinya.
    Source URL: http://indahrahmadewi.blogspot.com/2010/09/bau-mulut-sangat-mengganggu.html
    Visit Indah Rahma Dewi for Daily Updated Hairstyles Collection

Blog Archive