Tips menambah pengujung pada blog anda



    Banyak orang yang membuat blog untuk memberi informasi kepada orang lain. Tetapi niat baik itu tidak akan berjalan jika tidak ada orang yang mengunjungi blog kita. Lalu bagaimana perasaan anda jika posting yang sudah anda buat capek-capek ternyata tidak ada yang membaca? Di sinilah perlunya kita mengetahui teknik untuk mendatangkan pengunjung. Pengunjung di sini bukan berarti pengunjung yang sekedar “mampir” di blog anda, tetapi pengunjung yang bener-benar membaca dan menikmati blog anda.


    Di bawah ini beberapa langkah yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan pengunjung blog.

    Pilih topik yang ramai peminat. Topik bisa dianalogikan dengan produk yang anda jual. Jika produk yang anda jual ternyata tidak dibutuhkan atau tidak diminati konsumen, maka produk anda akan sepi pembeli. Begitu juga dengan blog, jika topik blog anda sepi peminat, maka sudah dipastikan akan sepi pengunjung. Sedikit contoh topik yang banyak diminati adalah bidang IT, Bisnis, atau Make Money Online. Atau anda bisa juga membuat topik yang sedikit unik. Contohnya blog teman saya yang bertopik joke.

    Konten berkualitas. Konten adalah salah satu dari 2 hal yang paling berpengaruh terhadap blog (selain desain). Anda harus membuat konten yang orisinal dan (kalau bisa) berkualitas untuk menarik pengunjung. Jangan menulis jika tidak ada ide. Cobalah menulis artikel minimal 300 kata. Jangan terlalu panjang, jangan terlalu pendek. Kalau sudah begini kemungkinan pengunjung datang kembali ke blog anda akan bertambah besar.

    Update informasi. Anda wajib meluangkan waktu anda minimal 2x seminggu untuk mengupdate blog anda. Semakin sering anda melakukan update, semakin sering pengunjung datang. Dan semakin banyak pula pengunjung blog anda.

    Tag, Tag, dan Tag. Jangan lupakan kata yang satu ini. Tag sangat penting dalam teknik SEO. Para Search Engine akan membaca tag/keyword anda. Jadi sedikit sayang jika artikel anda bagus, tetapi tidak memberi tag didalamnya.

    Tampilan Blog. Tampilan blog memegang peranan yang vital bagi kesuksesan sebuah blog. Jika tampilan anda bagus, pengunjung akan tertarik dan mungkin akan menjadi regular visitor blog anda. Layout harus rapi, caritheme yang menarik, jangan lupa perhatikan warna. Warna yang baik adalah warna yang kontras antara font dan backgroundnya. Jika perlu, masukkan gambar. Tetapi jangan terlau banyak, selain tidak enak dipandang, juga akan membuat blog anda berat untuk di load. Selengkapnya bisa anda baca artikel saya yang berjudul “desain blog yang (menurut saya) baik“.

    Unik dan Orisinil. Usahakan artikel yang anda buat harus orisinil dan unik. Sebelum anda mulai menulis, ada baiknya anda mencari referensi baik dari internet maupun buku atau majalah. Cari data yang berhubungan dengan artikel anda. Lalu gabungkan data-data itu untuk membuat artikel yang benar-benar baru.

    Minta komentar pengunjung. Sebisa mungkin, setiap artikel diakhiri statement atau pertanyaan yang memancing pengunjung untuk bertukar pendapat dan memberikan feedback ke artikel anda. Para pembaca juga merasa senang, karena merasa ikut dilibatkan dalam artikel itu. Komentar-komentar yang masuk sebaiknya cepat anda respon. Bertindaklah sebagai mediator yang tidak memihak salah satu komentar yang ada.

    Bagaimana?? Mudah diterapkan bukan?? Saya berharap tips ini bermanfaat untuk anda. Akhir kata, Happy Blogging. :-)Source URL: http://indahrahmadewi.blogspot.com/2010/08/tips-menambah-pengujung-pada-blog-anda.html
    Visit Indah Rahma Dewi for Daily Updated Hairstyles Collection

Blog Archive