Cara menentukan keyword pada search engine

    Search Engine ibaratnya adalah kendaraan yang mengarahkan calon pelanggan ke website Kita. Tetapi dalam rangka mengarahkan pengunjung untuk mencapai tujuan mereka ( dalam hal ini blog/website yang kita sayangi ini), kita harus memberikan mereka rambu-rambu dengan tanda-tanda spesifik dan efektif yang akan langsung mengarahkan Penumpang (pengunjung) menuju situs kita. Yang perlu diperhatikan adalah dengan hati-hati dalam memilih kata kunci (keyword)

    Anggap saja kata kunci yang tepat adalah mantra "Open sesame!" yang diberikan Search Engine menuju Goa harta kita (blog/situs kita). Menemukan persis padanan kata atau frasa yang tepat akan mempermudah lalulintas pengunjung sampai depan pintu. Tetapi jika kata kunci yang kita gunakan terlalu umum atau terlalu berlebihan digunakan, kemungkinan pengunjung sebenarnya yang memang mengarah ke situs/blog kita akan menurun drastis.

    Menentukan Keyword Tepat Untuk Website Kita

    Kalau saya mengibaratkan misalkan anda mengatakan kepada teman anda yang berasal dari Malaysia, bahwa rumah anda ada di Indonesia. Bayangkan betapa sulitnya dia jika sewaktu-waktu ingin mengunjungi rumah anda saat dia bertamasya ke Indonesia? Nah disinilah gunanya kita memberikan petunjuk-petunjuk kunci yang tepat untuk mengarahkannya menuju tepat ke halaman rumah kita.

    Keyword digunakan sebagai dasar dari strategi pemasaran Anda. Jika mereka tidak dipilih dengan presisi (ketepatan) yang tinggi, tidak peduli bagaimana agresif kampanye pemasaran Anda, orang mungkin tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk mencari tahu tentang hal tersebut. Jadi langkah pertama Anda dalam plotting Anda adalah strategi untuk mengumpulkan dan mengevaluasi kata kunci dan frase.

    Anda mungkin berpikir Anda sudah tahu kata yang tepat untuk frasa pencarian Anda. Sayangnya, jika Anda belum mengikuti beberapa langkah-langkah tertentu, Anda mungkin keliru.

    Sulit untuk menjadi tujuan, bila kita tepat di pusat bisnis jaringan, yang mungkin merupakan alasan Anda tidak dapat memilih kata kunci yang paling efisien. Anda harus dapat berpikir seperti pelanggan Anda.

    Alih-alih menebak-nebak potensi daftar pencarian kata dan frasa sendiri, meminta kata-kata dari banyak calon pelanggan yang Anda dapat kadangkala lebih tepat. Anda kemungkinan besar anda akan mengetahui bahwa pemahaman tentang bisnis, menurut Anda dan pelanggan Anda adalah sebuah pemahaman yang berbeda secara nyata.

    Konsumen adalah sumber yang tak ternilai. Anda akan menemukan kata kunci (keyword) yang menumpuk dari mereka adalah kata-kata dan frasa yang mungkin tidak akan anda pertimbangkan. Hanya setelah Anda mengumpulkan sebanyak mungkin kata dan frasa pencarian dari luar, barulah Anda dapat menambahkan kata kunci Anda sendiri ke dalam daftar. Setlah daftar ini di tangan, Anda sudah siap untuk langkah berikutnya: evaluasi.

    Tujuan dari evaluasi adalah untuk mempersempit daftar ke sejumlah kata dan frasa yang akan langsung mengarahkan berkualitas ke website Anda, dengan kualitas yang tinggi tentunya. Dalam mengevaluasi efektivitas kata kunci, ingatlah tiga elemen: popularitas, ketegasan, dan motivasi.

    Popularitas Kata Kunci
    Yang termudah untuk mengevaluasi keywordadalah berdasarkan kualitas yang objektif. Semakin populer kata kunci Anda, semakin besar kemungkinan pengguna Internet akan mengetikkan keyword tersebut ke dalam Search Engine yang akan nantinya akan mengarahkan mereka menuju website/blog anda.

    Sekarang ini Anda dapat membeli dengan murah perangkat lunak yang akan menilai popularitas keyword dan frase kata dengan memberikan angka penilaian berdasarkan aktivitas Search Engine. Software seperti WordTracker akan menyarankan Anda variasi kata dan frasa yang tepat. Semakin tinggi angka yang diberikan oleh perangkat lunak ini, semakin banyak lalu lintas pengunjung yang bisa kita harapkan diarahkan ke situs kita. Kelemahan konsep ini adalah, semakin populer sebuah keyword, maka akan semakin banyak pesain yang menggunakan keyword yang sama. Maka kita harus berusaha lebih keras untuk mencapai peringkat 1 atau minimal 10 dalam perncarian Search Engine. Ingat! sangat jarang pengguna Search Engine mau mencari sampai ke halaman-halaman akhir untuk sebuah frasa pencarian. Maka peluang yang paling besar di klik adalah posisi yang ada pada halaman pertama.

    Kriteria Yang Tepat
    Popularitas tidak cukup untuk menyatakan keyword anda adalah pilihan yang baik. Anda harus beralih kepada kriteria yang menentukan. Semakin spesifik kata kunci Anda, semakin besar kemungkinan bahwa konsumen yang datang siap untuk membeli barang, jasa atau informasi yang Anda tawarkan.

    Mari kita lihat sebuah contoh hipotesis. Bayangkan bahwa Anda telah mendapatkan popularitas peringkat untuk kata kunci "SEO" Namun, pada kenyataannya perusahaan anda hanya berspesialisasi dalam "Tutorial SEO". Kata kunci "SEO" akan menurunkan peringkat website anda pada skala popularitas pada kata kunci "SEO". Belum tentu pengunjung yang tiba di situs anda ingin mengetahui mengenai "Tutorial SEO", karena bisa saja mereka mencari "Jasa Layanan SEO" atau mungkin mereka hanya mencari "Ebook SEO". Namun Jika anda memasukkan keyword "Tutorial SEO", maka kemungkinan besar pengunjung yang menuju website anda memang ingin mendapatkan Tutorial untuk melakukan teknik SEO. Dalam hal ini, kemungkinan pesaing keyword anda pun akan semakin menyempit.

    Motivasi Pengunjung
    Faktor yang ketiga adalah motivasi pengunjung. Sekali lagi, kita harus meletakkan diri kita di dalam pikiran dari para pelanggan, alih-alih mengikuti jalan pikiran penjual untuk mencari tahu apa motivasi yang mendorong orang mencari produk atau layanan ke dalam jenis kata tertentu atau frase. Mari kita lihat contoh lain, seperti konsumen yang mencari pekerjaan sebagai seorang manajer TI di sebuah kota baru. Jika Anda harus memilih antara "Seattle daftar pekerjaan" dan "Seattle TI recruiters" mana menurut anda yang lebih bermanfaat bagi konsumen? Jika Anda cari untuk jenis pekerjaan tertentu, kata kunci apa yang akan Anda ketik? The second one, of course! Anda ingin mencari orang yang siap untuk bertindak. Yang bisa menentukkan dengan tepat apa yang dia cari. Dari frasa yang diketikkan pada Search Engine, anda dapat mengetahui apa yang kira-kira dicari oleh pengguna internet, dan apa motivasi mereka mencari frasa tersebut.

    Setelah Anda memilih kata kunci Anda, pekerjaan Anda tidak selesai. Anda harus terus mengevaluasi kinerja di berbagai Search Engine. Perlu diingat bahwa waktu dan perubahan tren akan sangat berpengaruh disini. Anda tidak dapat bergantung pada analisis sendiri karena tidak akan memberitahukan berapa banyak pengunjung Anda yang benar-benar efektif.

    Untungnya, beberapa peralatan baru telah ditemukan untuk membantu Anda menilai efektivitas kata kunci dalam setiap Search Engine. Saat ini sudah ada perangkat lunak yang tersedia menganalisis perilaku konsumen dalam kaitannya dengan lalu lintas konsumen. Hal ini memungkinkan Anda untuk melihat kata kunci yang paling berharga, yang mampu membawa pengunjung tepat pada pintu website/blog anda.

    Ini merupakan konsep penting: Kita harus menemukan kata kunci yang langsung dapat mengarahkan konsumen yang benar-benar menuju situs kita untuk membeli produk kita, mengisi formulir, atau hanya untuk download produk kita. Ini adalah faktor paling penting dalam mengevaluasi manfaat dari suatu kata kunci atau frase, dan harus Anda mengayun pedang ketika discarding dan tidak efektif atau tidak efisien dengan mengganti kata kunci dengan kata kunci yang dapat mendatangkan keuntungan yang lebih baik.

    Ingat saja tiga poin evaluasi keyword yang saya jabarkan tadi:
    • Popularitas Kata Kunci (Keyword)
    • Kriteria / Frasa yang Tepat
    • Motivasi Pengunjung


    Uji dan analisa yang terus menerus terhadap kata kunci (keyword) adalah rumus sukses untuk mendapat tempat yang layak pada Search Engine. This may sound like a lot of work - and it is! Tetapi semua kerja keras tersebut, tentunya akan memberikan imbalan yang sepadan bukan?.
    Source URL: http://indahrahmadewi.blogspot.com/2010/08/cara-menentukan-keyword-pada-search.html
    Visit Indah Rahma Dewi for Daily Updated Hairstyles Collection

Blog Archive