Berhati Hatilah Anda Memasuki Zona Remaja

     
    Masa remaja merupakan masa-masa yang sangat rawan bagi para orang tua. Karena di masa ini anak lebih sulit dikontrol dan rasa ingin mencoba sesuatu hal yang baru itu sangatlah besar. Jadi kita harus berhati-hati, walaupun demikian kita sebagai remaja jangan takut untuk mencoba sesuatu asalkan hal tersebut masih dalam batasan yang benar.
    Masa puber adalah masa peralihan antara masa anak anak menuju masa dewasa. Setiap orang akan merasakan masa puber ini. Dimasa puber ini remaja mencari jati dirinya, sehingga masa ini merupakan masa yang sangat menentukan bagi remaja. Remaja yang saat masih menjadi anak-anak sangat menurut namun dimasa ini dapat berubah secara drastis. Hal ini karena pengaruh lingkungan yang ada dilingkungan dan teman remaja. Apabila teman dan lingkungan yang mempengaruhinya baik, masa dia akan menjadi orang yang baik pula di masa depan. Tapi jika sebaliknya anak mendapat teman dan lingkungan yang buruk, maka anak bisa menjadi seseorang yang buruk. Tentunya orang tua kita tidak ingin kita menjadi orang yang demikian, jadi berhati-hatilah pada masa remaja ini.
    Ada beberapa cara untuk mengatasi masa puber ini agar remaja menjadi orang yang benar dikemudian hari, diantaranya :
    1. Mencari teman yang baik. Teman sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan seorang remaja. Hal ini terjadi karena remaja lebih sering berkumpul bersama teman dari pada berkumpul bersama keluarga. Jadi ini harus sangat diperhatikan baik oleh orang tua maupun para remaja. Jangan sampai remaja bergaul dengan orang-orang yang berpengaruh buruk seperti perokok, peminum minuman keras dan pemakai obat-obatan terlarang. Karena apabila kita sebagai remaja terbujuk untuk mencoba sedikit saja hal-hal itu, maka remaja itu akan terjerumus kejurang kesesatan.
    2. Memilih lingkungan yang baik. Lingkungan juga merupakan faktor yang sangat penting yang mempengaruhi remaja. Apabila remaja hidup dilingkungan orang-orang alim yang bisanya pergi ke masjid maka anak bisa tergerak untuk ikut pergi ke masjid. Tapi apabila anak itu hidup di kalangan orang-orang preman maka anak tersebut suatu saat juga bisa menjadi preman.
    3. Selalu mengingat nasehat orang tua. Nasehat orang tua itu semuanya baik, karena orang tua itu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Jadi agar kita selalu terhindar dari pengaruh-pengaruh buruk, kita harus selalu mengingat nasehat-nasehat dari orang tua kita. Apalagi bagi remaja yang harus tinggal tanpa orang tua karena melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi.
    Jadi manfaatkanlah masa remaja ini dengan hal-hal yang baik dan positif agar kita menjadi orang yang baik dikemudian hari.
    Source URL: http://indahrahmadewi.blogspot.com/2011/06/berhati-hatilah-anda-memasuki-zona.html
    Visit Indah Rahma Dewi for Daily Updated Hairstyles Collection

Blog Archive