Gowes To Campus dengan Sepeda

    Foto : dok.pribadi
    Foto : dok.pribadi
    SEPEDA kini menjadi tren di kalangan anak muda, tak terkecuali para mahasiswa. Banyak hal yang menjadi latar belakangnya, salah satunya adalah kesadaran untuk berperilaku ramah lingkungan.
    Pemanasan global saat ini menjadi isu yang banyak didengungkan oleh berbagai kalangan. Baik oleh kelompok peduli lingkungan, masyarakat, pemerintah dan institusi terkait, maupun oleh mahasiswa dan pihak universitas. Pemakaian kendaraan bermotor yang mengeluarkan gas-gas yang menjadi penyebab polusi udara tak dapat dipungkiri merupakan salah satu penyebab terbesar terjadinya efek rumah kaca. Akibat dari pemanasan global kini semakin dapat kita rasakan, misalnya peningkatan suhu udara dan tak menentunya musim penghujan maupun musim kemarau di Indonesia.

    Melihat efek tersebut, muncul upaya-upaya untuk meminimalisir efek pemanasan global dengan cara berperilaku ramah lingkungan seperti menggunakan transportasi publik maupun menggunakan sepeda.

    Di Indonesia kini mulai banyak universitas yang menyediakan sarana untuk bersepeda, baik penyediaan jalur sepeda maupun penyewaan sepeda itu sendiri. Dengan begitu, diharapkan tumbuhnya kesadaran mahasiswa akan perilaku ramah lingkungan dengan cara beralih dari penggunaan kendaraan bermotor kepada sepeda.

    Universitas yang menyediakan sarana untuk bersepeda tersebut juga dapat dikatakan mendukung secara langsung upaya ramah lingkungan. Dengan dimulai dari universitas terhadap mahasiswanya, diharapkan kebiasaan bersepeda ini dapat menular kepada masyarakat umum.

    Selain kesadaran lingkungan, tren bersepeda kini juga dilatarbelakangi oleh berkembangnya pemakaian sepeda rakitan sendiri atau biasa dikenal dengan sepeda fixie. Dengan sepeda fixie, anak-anak muda dapat mengembangkan kreatifitasnya dalam hal merakit sepeda. Dengan harga yang terjangkau, maka tak heran kini tren sepeda fixie telah merambah berbagai kalangan anak muda di Indonesia. Sehingga jumlah pemakai sepeda semakin bertambah dari waktu ke waktu.

    Penggunaan sepeda juga lebih menyehatkan. Bagi mahasiswa yang lebih banyak duduk belajar di kelas, atau sekadar nongkrong sambil internetan, aktifitas fisik menjadi kebutuhan yang sering terlewatkan. Maka dengan penggunaan sepeda, mahasiswa dapat menghemat biaya transportasi, mendukung perilaku ramah lingkungan, dan sekaligus berolahraga setiap harinya.

    Tren sepeda seperti ini sangat baik apabila dijadikan suatu kebiasaan. Namun amat disayangkan jika penggunaan sepeda hanya sekedar menjadi tren dan kemudian hilang seiring berjalannya waktu. Maka daripada itu, mari kita galakkan penggunaan sepeda, mulai dari mahasiswa kemudian ke masyarakat agar menjadi kebiasaan yang baik, hemat, menyehatkan dan ramah lingkungan.

    Jadi, sudahkah kamu bersepeda hari ini?

    Jeany Hartriani
    Mahasiswa Ilmu Politik, Universitas Indonesia
    Anggota KSM Eka Prasetya UI
    Source URL: http://indahrahmadewi.blogspot.com/2011/06/gowes-to-campus-dengan-sepeda.html
    Visit Indah Rahma Dewi for Daily Updated Hairstyles Collection

Blog Archive