Wah, iPhone bisa Lacak Lokasi Penggunanya


    (Ilustrasi: Google image)


    CALIFORNIA - Sejumlah peneliti keamanan mengklaim jika Apple secara diam-diam melacak keberadaan para pengguna iPhone dan menyimpannya dalam file yang bisa diakses dengan mudah oleh bos yang usil maupun pasangan yang mudah cemburu.

    Telegraph melansir, Kamis (21/4/2011), iPhone mampu merekam keberadaan pengguna melalui informasi koordinat seperti garis bujur dan garis lintang serta zona waktu terkait. Data bisa dengan mudah disalin ke komputer lain oleh siapapun yang menemukan ponsel tersebut.

    Konten itu disimpan dalam file yang dinamakan "consolidated.db" dan ditemukan oleh dua pengembang software asal Inggris yang tengah mencari cara untuk memvisualisasikan data lokasi untuk situs.

    "Awalnya kami tidak yakin berapa banyak data yang terdapat dalam file itu. Tapi setelah kami menggali lebih dalam dan melihat data yang yang diperoleh, jelas terlihat banyak sekali file yang berisi detail pergerakan para pengguna," ungkap Alisdair Allan dan Pete Warden.

    Allan dan Warden mensinyalir, pencatatan lokasi pengguna iPhone bisa jadi sudah berlangsung sejak Juni 2010, atau sejak kemunculan iOS 4.

    Sebagai informasi, Warden sebelumnya pernah bekerja untuk Apple, meski untuk bidang yang tidak terkait dengan keberadaan file ini.

    Memang, pemantauan terhadap pengguna ponsel bisa dilakukan oleh operator telekomunikasi untuk keperluan penyelidikan polisi maupun badan intelejen. Namun data yang disimpan oleh iPhone bisa diakses oleh siapapun yang memiliki akses terhadap ponsel maupun komputer yang terhubung dengan ponsel itu. Apalagi data tersebut tidak dilindungi oleh password atau enkripsi.
    (van)

    sumber : OkezoneSource URL: http://indahrahmadewi.blogspot.com/2011/04/wah-iphone-bisa-lacak-lokasi.html
    Visit Indah Rahma Dewi for Daily Updated Hairstyles Collection

Blog Archive