HIV/AIDS di Buleleng Mencapai 3 Ribu Orang

    Pengidap Virus HIV/AIDS di Buleleng Mencapai 3 Ribu Orang
     
    Hingga akhir pertengahan juni tahun ini (2008), tercatat 378 di Kabupaten Buleleng/Singaraja, Bali terinfeksi HIV. Angka ini jika di konversikan dengan masyarakat
    sekelilingnya, khususnya keluarganya, sangat berpotensi menulari hingga 3.000 orang.

    Dalam rentang 2002-2007 sebanyak 378 orang dinyatakan menderita HIV/AIDS.Yang sangat memprihatinkan dari tahun ke tahun di buleleng HIV mengalami peningkatan. Ditahun 2002 lalu tercatat 10 orang, 2003 meningkat menjadi 21 orang, 2003 sebanyak 9 orang, 2004 sebanyak 60 orang, 2005 sebanyak 135 orang, serta 2006 meningkat menjadi 143 orang.

    ”Data dari Diskes sampai april 2008 warga yang yang telah terifeksi HIV /AIDS mencapai 3000 orang.pasien.Kalau kita uraikan dari penderita dan keluarganya maka angka bias mencapai 3.000 orang yang terjangkit HIV /AIDS,” kata ketua komisi penanggulangan AIDS(KPA) Buleleng Made Arga pynatih yang juga wakil bupati Buleleng kamis (19/6).

    Berdasarkan data Dinas Kesehatan,dari jumlah pengidap HIV/AIDS tersebut ternyata yang paling banyak adalah usia produktif,yaitu antara umur 21 hingga 29 tahun. Dengan asumsi masa inkubasi virus antara 5-6 tahun maka mereka yang kini terkena HIV/AIDS pada usia 21 tahun di perkirakan pertama kali kontak dengan virus mematikan itu pada usia 15 tahun. Berdasar tes, penyebaran HIV yang paling berpotensi di wilayah buleleng kebanyakan melalui hubungan seksual. Mengenai pengidap HIV dari kalangan ibu rumah tangga, Arga Pynatih mengatakan umumnya mereka di tulari oleh suaminya, Selain usia produktif, juga terdapat 5-6 orang pengidap HIV berusia anak anak.

    Saat ini Dinkes mengadakan sosialisasi dengan mengadakan berbagai penyuluhan dan penjangkauan langsung sebagai upaya memancing kesadaran masyarakat mengadakan tes darah di klinik VCT RSUD Buleleng.Kemudian adanya pra konseling, konseling, dan pos konseling. Itu sebagai upaya mengurangi resiko terjangkitnya HIV/AIDS dari hubungan seksual dan meningkatkan kesadaran masyarakat melakukan hubungan seksual yang aman.

    Makanya di lakukan pendistribusian kondom terutama di tempat prostitusi.Lebih khusus lagi,Pemkab Buleleng mengadakan penyuluhan kepada pengurus PKK, Majelis Desa Pakraman dengan pembicara Dr I Gede ketut Ranayana dari KPA Propensi Bali. Penyuluhan itu di gelar di gedung unit tempat kantor Bupati Buleleng.


    data ini sesuai tahun 2008 . bayangkan berapa jumblah pengidap HIV di tahun 2011 ini ,,
    jadi pesan saya KETUT ERA SUPRIADI selaku masyarakat singaraja asli ,,menghimbau untuk jangan mencari Sundel - Sundel di singaraja yang kian memang saat ini sangat marak ,,
    sayangi diri anda !!! Source URL: http://indahrahmadewi.blogspot.com/2011/03/hivaids-di-buleleng-mencapai-3-ribu.html
    Visit Indah Rahma Dewi for Daily Updated Hairstyles Collection

Blog Archive