Wah, 23 Mahasiswa Bule Belajar Pancasila di UGM dan UKDW!

    foto: ugm.ac.id
    foto: ugm.ac.id
    YOGYAKARTA – Sebanyak 23 mahasiswa Amerika Serikat belajar tentang Pancasila dan penerapannya dalam kehidupan masyarakat, terutama di kalangan muda, dengan beberapa perwakilan unit kerohanian mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta.

    Diskusi yang berlangsung di Ruang Seminar Fakultas Filsafat UGM, ini difasilitasi oleh Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM dan SIT Abroad Bali.

    Koordinator diskusi, Hastangka, mengatakan, 23 mahasiswa dari berbagai negara bagian di Amerika Serikat sengaja datang untuk mengetahui serta memahami religiusitas dan keagamaan di Indonesia dan bagaimana masyarakat Indonesia memupuk toleransi antarumat beragama.

    “Mereka juga memaparkan makna berketuhanan bereligiusitas dan toleransi beragama di negaranya,” kata Hastangka yang dikutip UGM, Sabtu (1/10/2011).

    Hastangka menambahkan diskusi diharapkan dapat menambah pemahaman tentang esensi agama dan membangun pemahaman yang saling menguntungkan serta interaksi nyata mahasiswa Indonesia dan Amerika Serikat.

    Diskusi yang mengundang beberapa perwakilan unit kerohanian mahasiswa UGM dan UKDW ini berisi presentasi tentang tanggapan para mahasiswa atas makna agama dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat.

    Hendra Theodarmo, perwakilan Keluarga Mahasiswa Buddhis (Kamadhis) UGM, mengatakan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa memiliki nilai-nilai yang mirip dengan ajaran dalam agama Budha, antara lain tentang Saddha (keyakinan), Sila (moralitas), Metta (kebaikan dan kebahagiaan), dan Pannya (kearifan).

    Sementara itu, Dylan, mahasiswa Saint Michael’s College University, Amerika Serikat, mengatakan Amerika Serikat merupakan negara besar. Anak-anak muda memiliki berbagai macam ideologi, di antaranya sosial konservatif dan liberal.

    “Semua tergantung baik pada pendapat religius mereka sendiri atau atas pendapat orang tua mereka,” katanya.

    Dia melanjutkan, pemuda Amerika sudah seharusnya menolak tradisionalisme yang banyak diajarkan para orang tua karena tradisi tersebut tidak sepenuhnya tentang tantangan masa kini.(rhs)
     
    okezone 
    Source URL: http://indahrahmadewi.blogspot.com/2011/09/wah-23-mahasiswa-bule-belajar-pancasila.html
    Visit Indah Rahma Dewi for Daily Updated Hairstyles Collection

Blog Archive